5 Tren Diet Paling Ngehits di 2019, Siapa Pernah Mencoba?

5 Tren Diet Paling Ngehits di 2019, Siapa Pernah Mencoba?

Jakarta - Variasi diet selalu bermunculan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sepanjang 2019, tercatat sejumlah metode diet yang ngehits dan dijalankan banyak orang yang ingin menjaga kesehatannya.

Ada berbagai motivasi orang menjalankan diet atau pengaturan pola makan, tetapi menurunkan berat badan tetap merupakan motivasi paling populer. Karenanya, metodenya tidak jauh dari hitung-hitungan kalori.

Metode lain lebih mengutamakan pilihan nutrisi. Ada yang memperbanyak porsi protein, membatasi gula atau karbohidrat, ada juga yang justru meningkatkan asupan lemak.

1. Diet Ketogenik
Diet keto rendah lemak dan rendah karbohidrat bertanggung jawab atas beberapa transformasi penurunan berat badan yang mengesankan, tetapi juga sulit untuk diikuti.

Alasan utamanya adalah bahwa dengan menurunkan asupan karbohidrat, Anda akan memaksa tubuh Anda dalam keadaan ketosis, yang berarti membakar lemak, bukannya karbohidrat untuk energi. Hanya sekitar 10 persen dari kalori harian Anda akan berasal dari karbohidrat, sementara sekitar 80 persen berasal dari lemak, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak. Jelas, ini berarti roti habis, banyak sayuran bertepung, gandum, dan buah juga terlarang. Ini sangat membatasi bahwa banyak ahli diet pada umumnya menyarankan agar tidak mengikuti rencana dan bukannya menemukan sesuatu yang jangka panjang lebih berkelanjutan.

2. Diet Paleo
Diet populer ini memiliki kesamaan dengan keto, cara diet ini sering dikatakan "diet manusia gua" tapi sebenarnya banyal hal yang berbeda. Para pendukung paleo mengatakan bahwa menghilangkan gluten dan mengonsumsi banyak sayuran dapat mengurangi peradangan di tubuh Anda. Peradangan telah dikaitkan dengan penyakit seperti kanker, diabetes, dan radang sendi, dan makanan olahan tertentu, seperti soda dan karbohidrat olahan, telah dikaitkan dengan peningkatan peradangan.

3. Pantangan 30 Hari
Dikembangkan sebagai diet eliminasi untuk membantu orang mencari tahu bagaimana makanan berdampak pada mereka secara fisik dan mental, alasan utamanya adalah tidak makan apa pun selain sayuran, buah, kacang-kacangan, dan daging selama 30 hari. Itu berarti tidak ada quinoa, gandum, yogurt, gula tambahan, seperti madu, atau alkohol. Pada akhir 30 hari, para advokat mengklaim Anda akan merasa diubahkan tetapi dokter belum pasti merekomendasikan.

4. DASH
Diet yang didukung dokter ini dikembangkan untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, maka namanya: Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi atau Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Rencananya sehat jantung dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan penyakit jantung, risikonya juga. Dan hal terbaik tentang itu adalah bahwa tidak ada aturan gila, menurut Jennifer Koslo, RD.

"Tidak ada kelompok makanan yang dihilangkan, ini hanya diet yang sangat sehat secara keseluruhan" katanya kepada Men's Health.

5. Diet Mediterania
Diet ini mendapat banyak hype, dan beberapa pujiannya dipertanyakan Juni lalu ketika New England Journal of Medicine menarik kembali sebuah studi 2013 utama yang mengklaim diet Mediterania mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Itu karena penelitian 2013 tidak memenuhi standar uji coba terkontrol secara acak, sehingga tidak ada cukup bukti untuk mendukung penelitian ini. Namun, itu tidak berarti diet ini masih belum layak untuk diikuti.

 

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-4838195/5-tren-diet-palingngehits-di-2019siapapernah-mencoba?_ga=2.107904130.1018918870.1577501738-490065115.1564625261